Terimakasih telah berkunjung di APLIKASIGRATIS-PRO.BLAGSPOT.COM... Kami selalu menunggu kunjungan Anda berikutnya!! Salaaaaaaam dari ZAINAL ABIDIN, S.Pd (Guru SMA Negeri Unggul Pidie Jaya)
BLANTERORIONv101

Istilah-Istilah dalam Kurikulum Merdeka

12 July 2024

      Berikut istilah-istilah dalam kurikulum merdeka:
  1. Prota tetap (Program Tahunan)
  2. Promes diganti Prosem (Program Semester) adalah menyusun rencana pembelajaran per semester yang lebih fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan siswa.
  3. Silabus diganti ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang tersusun secara sistematis dan logis di dalam fase secara utuh dan menurut urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase. ATP ini memiliki fungsi yang sama dengan silabus, yakni menjadi panduan perencanaan pembelajaran.
  4. KI (kompetensi isi) diganti CP (Capaian Pembelajaran) adalah kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase perkembangan.
    Pembagian fase dalam CP dapat digambarkan sebagai berikut:
    1). Fase A: Kelas 1-2 SD/MI/SDLB/Paket A
    2). Fase B: Kelas 3-4 SD/MI/SDLB/Paket A
    3). Fase C: Kelas 5-6 SD/MI/SDLB/Paket A
    4). Fase D: Kelas 7-9 SMP/MTs/SMPLB/Paket B
    5). Fase E: Kelas 10 SMA/MA/SMALB/Paket C/SMK/MAK
    6). Fase F: Kelas 11-12 SMA/MA/SMALB/Paket C/SMK/MAK
  5. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) diganti Modul Ajar (MA)
    adalah komponen yang terdapat dalam MA, antara lain tujuan pembelajaran, langkah pembelajaran, media pembelajaran, asesmen, serta informasi dan referensi belajar lainnya.
  6. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) diganti Modul Ajar (MA)
    adalah komponen yang terdapat dalam MA, antara lain tujuan pembelajaran, langkah pembelajaran, media pembelajaran, asesmen, serta informasi dan referensi belajar lainnya.
  7. KD (kompetensi dasar)  diganti TP (Tujuan Pembelajaran).
  8. KKM (kriteria ketuntasan minimal) diganti KKTP (Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran) adalah bahan refleksi guru dalam menilai proses pembelajaran dan mengetahui tingkat penguasaan kompetensi siswa sehingga dapat memperbaiki proses pembelajaran atau menciptakan pembelajaran yang lebih sesuai dengan siswa.
  9. IPK (indeks prestasi kumulatif) diganti IKTP (Indikator Ketercapaian Tujuan Pembelajaran).
  10. Penilaian harian (PH) diganti Sumatif
  11. Penilaian tengah semester (PTS) diganti STS (Sumatif Tengah Semester).
  12. PAS (penilaian akhir semestar) diganti SAS (Sumatif Akhir Semester).
  13. Indikator soal diganti dengan Indikator Asesmen.
  14. Penilaian teman sejawat diganti Formatif.
  15. KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) diganti KOSP (Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan) adalah seluruh rencana proses belajar yang diselenggarakan di satuan pendidikan, sebagai pedoman seluruh penyelenggaraan pembelajaran.
  16. Profil Pelajar Pancasila adalah ciri karakter dan kompetensi yang diharapkan untuk diraih oleh peserta didik, yang didasarkan pada nilai-nilai luhur Pancasila. Istilah ini sama dengan istilah PPK.
  17. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) adalah projek pembelajaran yang dirancang untuk mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila ke dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari, membantu siswa mengembangkan kompetensi-kompetensi penting yang diidentifikasi dalam Profil Pelajar Pancasila
  18. Teaching at the Right Level (TaRLadalah pendekatan pengajaran yang tidak hanya berpusat pada tingkatan kelas saja, tapi juga kesiapan belajar siswa.

Comments